Sabtu, 23 April 2011

*Fungisida


 1.  Fungisida Botanik ( 0rganik ) FUNGIDOR


Fungidor 50 ec merupakan fungisida botanik ( organik ) yang berbentuk cairan emulsi pekat yang berwarna coklat kekuningan yang dapat di emulsikan dengan air.Bahan aktif fungidor 50 ec adalah genoldirachtin 50 g/lt. Bahan aktif ini bekerja secara kontak dan sistemik dengan menginfeksi cendawan / jamur patogen sehingga jamur patogen tidak bisa berkembang dan akhirnya mati.Senyawa bahan akti dalam fungidor mampu mampu menembus spora yang di lindungi oleh miselium yang sgt sulit di tembus oleh fungisida sintetis.  
Kelebihan dari fungisida botanik yang tak di miliki oleh fungisida dari golongan sintetis adalah tidak menyebabkan cendawan patogen menjadi kebal atau resisten karena bahan aktifnya terbuat dari minyak tanaman yg di murnikan.Sifatnya yang hangat mampu membatasi perkembangbiakan cendawan / jamur karena suhu dan kelembabpan tidak mendukungnya.Kelebihan lainya mampu mengontrol suhu dan kelembapan di sekitar tanaman dan mampu menjaga suhu tanah tetap setabil apabila apllikasinya di kocor atau siram.

Fungidor juga mampu menekan populasi bakteri patogen karena juga mengandung senyawa kimia lainya yang di sebut Asetil egenol.
Sasaran pengendalian Fungidor 50 ec untuk penyakit pathek (antraknosa),bengkak akar (akar gada) rebah kecambah pada persemaian dan layu fusarium,bulai di jagung dan bercak daun di cabai

KEUNGGULAN FUNGIDOR 50 EC :
1. tidak menyebabkan cendawan menjadi kebal atau resisten.
2. Ramah lingkungan karena tidak persistant dalam tanah.
3. tidak meninggalkan residu di hasil.
4. Meminimalisir pemakaian bahan yang tidak mudah di perbaharui.
5. Dapat mengupayakan kesuburan tanah secara lestari.

DOSIS ATURAN PAKAI: 2-2.25 ml / lt 



2.  Fungisida Botanik ( 0rganik ) Mikocide

 


     Pengendalian penyakit tanaman dari golongan cendawan atau jamur dengan menggunakan fungsida hingga saat ini masih banyak menemuai kendala.Faktor-faktor penghambat yang menyebabkan gagalnya pengendalian seperti cuaca,kelembabpan dan resistensi meupakan faktor yang sulit di hindari.
Mikocide yang merupakan jenis fungisida dari golongan botanik mampu mengontrol ke tiga faktor penghambat diatas yang tak di miliki oleh fungisida lain.Yang membedakan mikocide 70 wsc dengan fungisida lain adalah toksisitasnya,mikocide sangat fitotoksik atau meracuni tanaman apabila kelebihan dosis dalam aplikasi.

     Ciri khas mikocide 70 wsc adalah sifatnya yang hangat atau panas,sehingga sangat cocok di pakai di dataran tinggi,sperti di ketauhi dataran tinggi selain kelembapannya yg tinggi udaranya huga dingin sehingga cendawan atau jamur lebih berkembang biak dengan cepat.Sifat panas yg di miliki mikocide dapat mengurangi faktor-faktor diatas sehingga suhu lingkungan tanaman dapat terkontrol dan cendawanpun dapat terkendali.Selain sangat cocok di dataran tinggi mikocide juga sangat baik di pakai di daerah yang sering berkabut dan di dataran rendah.

     Cendawan yang dapat di kendalikan antara lain busuk daun pythoptora,busuk pangkal batang,pathek yang membandel,busuk daun cercospora,embun tepung,bercak ungu ( trortol) blast,bercak daun bakteri di padi,embun bulu di melon dan semangka,moler/ngoser di bawang merah
     Dosis aturan pakai : 1-2 ml / lt air
     Bahan aktif : sitrogenol 70 g / lt 
     Keunggulan mikocide 70 wsc :
1.Racun bekerja secara kontak dan sistemik
2.Bersifat panas

3.Ramah lingkungan dan non residu
4.Dosis aplikasi rendah dan hemat pemakaian.
5.Tidak menyebabkan cendawan jadi kebal atau resistan meskipun di pakai terus-menerus.
6.Mendukung sistem pertanian organik.
7. Meminialisir penggunaan bahan yang tak dapat di perbaharui.
8.Dapat di gunakan secara preventif maupun kuratif



3. DETACIDE 60 sg



                                                    

     Detacide 60 sg merupakan fungisida khusus hanya untuk pathek atau penyakit busuk buah yang disebabkan oleh cendawan antraknosa capsici maupun antraknosa gleosporium,
Fungisida ini berbentuk tepung granular yang larut dalam air yang dapat bekerja secara kontak dan sistemik.
Dosis aturan pakai :preventip 0.5 - 1 gr per liter
                              kuratif      2 - 3.5 gr per liter
     Pada waktu aplikasi sebaiknya tunggal tidak disarankan mencampur dengan bahan aktif lain karena dapat meracuni tanaman atau fitotoksik.
Kelebihan dari fungisida ini penyakit pathek / busuk buah setelah 6 - 8 jam setelah aplikasi patek langsung kering dan berhenti.
Untuk membersihkan penyakit tersebut pada waktu aplikasi pertama kali sebaiknya penyemprotan tidak terbatas hanya pada buah,batang,ranting,daun tetapi sebaiknya mulsa,parit dan pematang pembatas juga disemprot supaya spora yang sudah terlanjur jatuh terbawa angin dapat berhenti berkembang biak

4.  Fungisida (An Organik)  Masalgin
"Masalgin 50 WP" adalah Fungisida sistemik berbentuk tepung yang dapat disuspensikan, berwarna putih kekuningan, untuk mengendalikan penyakit pada tanaman cabai merah

7 komentar:

  1. saya mau tanya apa di tko bapa menjual navito 75 WG ???? terimakasih

    BalasHapus
  2. Slmt siang pak.Mau tanya ttg fungisida organik.untuk yang kontak bagusnya merk fungisida yang mana(antara fungidor dan mikocide) >dan berapa harganya masing masing.Bisa kah di pesen secara online?

    Dari Ary(Jamurpati@yahoo.com)

    BalasHapus
  3. punya benih padi yang hasil produksinya tinggi..
    balas via email : mylistna@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. slmat siang pak. mau tanya harga fungisida detacide 60 sg brapa? bisa di beli secara online?

    BalasHapus
  5. slmt sore pak untuk fungisida botanik FUNGIDOR & MIKOCIDE perbotolnya berapa ML dan harga berapa
    untuk dosis pertangki 20 Ltrnya berapa ml dan apakah boleh jika kedua fungisida tsb diaplikasikan bersamaan
    TRIM'S

    BalasHapus